Minggu, 01 Januari 2017

Film Terlaris Tahun 2016

Tahun 2016 baru saja terlewati, berbagai macam film dari berbagai genre telah menghibur masyarakat pecinta film dari action, drama, komedi, animasi, horor dll. Lalu film apa yang paling banyak meraup keuntungan dan menyandang predikat sebagai Film terlaris tahun 2016. Melihat tren film superhero yang terus membanjir di tahun 2016, sepertinya sangat layak jika film adaptasi komik superhero Marvel dan DC akan bersaing dalam daftar ini.

Tidak disangkal lagi  film superhero masih menjadi satu genre yang paling banyak meraih jumlah penonton terbanyak sepanjang 2016 di seluruh dunia, di luar genre superhero film animasi juga unjuk gigi pada daftar ini. Sangat kontradiktif dengan film adaptasi game yang marak ditayangkan sepanjang 2016 ini malah tak ada yang mampu masuk ke dalam 10 besar film  terlaris 2016.

Tukang Nonton akan menyajikan daftar Film Terlaris tahun 2016  berdasarkan keuntungan yang diraih yang diolah dari berbagai sumber.


10. Dr. Strange
Diadaptasi dari komik superhero Marvel, Doctor Strange yang didistribusikan Disney, berhasil menjadi film terlaris tahun 2016 pada peringkat ke-10. Tidak sia-sia Marvel dan Disney membayar mahal Benedict Cumberbatch sebagai aktor utamanya.

Film Terlaris Tahun 2016
Doctor Strange

Film arahan sutradara Scott Derrickson ini mengangkat cerita yang berpusat pada pencarian Stephen Strange untuk kesembuhan tangannya akibat dari kecelakaan yang dialaminya yang berujung pada keterlibatannya dengan dunia mistis berbahaya. Film Doctor Strange berhasil meraup pendapatan US$656,5 juta (sekitar Rp8,84 triliun).

9. Suicide Squad
Suicide Squad merupakan salah satu film superhero yang diperankan deretan aktor bintang besar. Warner Bros berhasil menampilkan Will Smith, Margot Robbie, dan Jared Leto berada di satu layar. Tetapi sangat disayangkan, film arahan sutradara David Ayer ini dinilai negatif dari para kritikus karena dinilai hanya menjual nam besar para pemainnya tanpa memikirkan kosep cerita yang matang.

Film Terlaris Tahun 2016
Suicide Squad

Suicide Squad menceritakan para penjahat di dunia superhero DC yang dipaksa bergabung menjadi satu tim untuk menghancurkan ancaman besar umat manusia dari dunia gelap. Film ini meraup pendapatan sebanyak US$745,6 juta (sekitar Rp10,04 triliun) dan mendapatkan predikat Film terlaris tahun 2016 pada posisi ke 9.

8. Fantastic Beasts and Where to Find Them
Berasal dari buku Fantastic Beasts and Where to Find Them karya J. K. Rowling yang menjadi buku panduan para karakter dalam kisah Harry Potter, film arahan sutradara David Yates yang uga menyutradarai film – film Harry Potter ini mendulang sukses besar walaupun tayang menjelang akhir tahun.

Film Terlaris Tahun 2016
Fantastic Beast and Where to Find Them

Akting Eddie Redmayne yang diakui Oscar berkat The Theory of Everything, dinilai sukses menghidupkan sosok Newt Scamander. Berkat hal itu juga film yang didistribusi oleh Warner Bros ini meraup pendapatan sebanyak US$746,1 juta (sekitar Rp10,05 triliun) dan layak menempati posisi ke 8 pada daftar Film Terlaris Tahun 2016.

7. Deadpool
Kecemasan menghinggapi paara fans berat komik Marvel terhadap produksi film Deadpool yang dikuasai 20th Century Fox berhasil teratasi. Film superhero yang disutradarai Tim Miller dan dibintangi Ryan Reynolds ini sukses menempati posisi ke 7 pada daftar Film Terlaris Tahun 2016 dengan keberhasilannya meraup pendapatan US$783,1 juta (sekitar Rp10,56 triliun).

Film Terlaris Tahun 2016
Deadpool

Deadpool juga dinilai positif dari para pengamat film walaupun banyak adegan kekerasan dan dialog dengan kata – kata kasar di dalamnya. Film yang bersetting di dunia sinema X-Men ini mengisahkan mantan tentara bayaran yang ingin balas dendam kepada orang yang menjadikannya korban eksperimen.

6. Batman vs Superman
Ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya superhero komik terbitan DC, Batman v Superman: Dawn of Justice menjadi salah satu film superhero yang cukup fenomenal di sepanjang 2016. Tetapi film ini juga menjadi kontroversi karena para kritikus menghajarnya dengan nilai negatif.

Film Terlaris Tahun 2016
Batman vs Superman

Melanjutkan kejadian dari film Man of Steel, film arahan sutradara Zack Snyder ini meraup keuntungan dari rasa penasaran pecinta film di seluruh dunia. Meskipun dari segi kualitas film kolaborasi pertama Batman dan Superman ini masih menjadi perdebatan, namun setidaknya Warner Bros berhasil meraup pendapatan US$873,3 juta (sekitar Rp11,76 triliun) dan menempatkannya pada posisi ke 6 dalam daftar Film Terlaris Tahun 2016.

5. The Secret Life of Pets
Sepanjang tahun 2016, Universal Pictures berhasil mengumpulkan pendapatan yang cukup besar melalui film animasi The Secret Life of Pets. Dikerjakan oleh duet sutradara Chris Renaud dan Yarrow Cheney, film ini menyajikan konsep unik kehidupan fiksi hewan-hewan peliharaan yang jarang terpikirkan oleh banyak orang.

Film Terlaris Tahun 2016
The Secret Life of Pets

Walaupun tidak melibatkan bintang-bintang besar Hollywood, tetapi tim Illumination Entertainment yang sukses berkat Despicable Me dan Minions, berhasil membuat film ini secara menarik. Alhasil pendapatannya mengalahkan film-film superhero yang disebutkan sebelumnya hingga layak berada di posisi ke 5 pada daftar Film Terlaris Tahun 2016 dengan keberhasilannya meraup pendapatan US$875,4 juta (sekitar Rp11,78 triliun).

4. The Jungle Book
Sempat membuat versi animasinya di tahun 1967, Disney membuat terobosan dengan menggarap versi live-action The Jungle Book yang rilis di tahun 2016. Film yang berasal dari cerita abad ke-19 karya Rudyard Kipling ini, berhasil meraup pendapatan US$966,6 juta (sekitar Rp 13,01 miliar).

Film Terlaris Tahun 2016
The Jungle Book

The Jungle Book yang juga digarap Warner Bros ini, berkisah tentang seorang anak bernama Mowgli yang diasuh oleh kawanan serigala di sebuah hutan. Film arahan Jon Favreau ini juga mendapat nilai positif dari para pengamat.

3. Zootopia
Tayang pada awal 2016, Zootopia menjadi tontonan suguhan Disney yang cukup digemari para pecinta film animasi. Tanpa disangka, Zootopia sukses meraup untung besar di tahun 2016 hingga mengalahkan sebagian besar film superhero sepanjang 2016.

Film Terlaris Tahun 2016
Zootopia

Zootopia digarap duet sutradara Byron Howard dan Rich Moore dan tidak banyak melibatkan bintang-bintang top. Tetapi film yang berkisah tentang kelinci polisi dan rubah penipu yang megungkap konsporasi di kota besar para hewan ini, meraih nilai positif dari para pengamat dan mengumpulkan pendapatan sebanyak US$1,023 miliar (sekitar Rp13,79 triliun).

2. Finding Dory
Disney sepertinya benar-benar mendominasi dalam daftar Film Terlaris Tahun 2016. Finding Dory yang digarap bersama Pixar, meraih pendapatan terbesar kedua sepanjang 2016. Film yang disutradarai Andrew Stanton ini sukses meraup US$1,027 miliar (sekitar Rp13,84 triliun).

Film Terlaris Tahun 2016
Finding Dory

Di mata pengamat, Finding Dory yang menampilkan Ellen DeGeneres sebagai tokoh utamanya pengisi suara karakter Dory, langsung dihadiahi nilai positif. Film ini merupakan sekuel dari Finding Nemo yang juga meraih sukses besar ketika dirilis pada 2003 silam.

1. Captain America: Civil War
Marvel Studios bersama Disney kembali meraih sukses lewat franchise superheronya. Captain America: Civil War yang menutup trilogi Captain America, berhasil meraup penghasilan terbanyak dan menyandang predikat sebagai Film Terlaris tahun 2016, Film in berhasil mengumpulkan pendapatan US$1,153 miliar (sekitar Rp 15,55 triliun).
 
Film Terlaris Tahun 2016
Captain America : Civil War
Film arahan sutradara Anthony Russo dan Joe Russo yang mengekspos perpecahan antara Captain America dan Iron Man di tubuh Avengers ini, mendapat nilai yang sangat positif dari para kritikus dunia.


Itulah daftar 10 Film Terlaris tahun 2016 yang telah Tukang Nonton himpun dari berbagai sumber, nantikan sinopsis, review dan berita dari dunia perfilman selanjutnya di website ini.
banner
Previous Post
First

0 komentar: